Cadangan Devisa Indonesia Periode Oktober 2021 Turun Jadi USD145,5 Miliar

Cadangan Devisa Indonesia Periode Oktober 2021 Turun Jadi USD145,5 Miliar

CADANGAN Devisa (Cadev) Indonesia periode Oktober 2021 dilaporkan sebesar USD145,5 miliar atau mengalami penurunan dibandingkan posisi akhir September 2021 yang sebesar USD146,9 miliar.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan meski terjadi penurunan namun posisi cadev tersebut tetap kuat. Hal ini karena jumlah cadev ini setara dengan pembiayaan 8,5 bulan impor atau 8,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Posisi cadev ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” kata Erwin dalam keterangannya, Jumat (5/11).

BI menilai cadev tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Menurutnya penurunan posisi cadev pada Oktober 2021 antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” pungkasnya. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: